Mengenai Saya

Foto saya
2nd Runner Up Tourism Ambassador Padang Pariaman District West Sumatera

Rabu, 20 Juli 2011

PEMULIHAN PEREKONOMIAN NEW ZEALAND PASCA GEMPA


BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
                   New Zealand merupakan pulau kecil yang memiliki kekayaan sumber daya alam dan sektor pertanian yang kuat. Sumber daya ini tercermin dalam ekonomi New Zealand yang sanagt tergantung pada komoditi iternasonal. Negara ini juga sangat terbuka bagi perdagangan internasional dan investasi asing dan menjadi tujuan wisata yang popular. Pada tahun 2005, bang dunia menganugerahi New Zealand sebagai Negara yang paling bersahabat dalam urusan bisnis dunia.
2.      Batasan Masalah
a.       Bagaimana tentang profil New Zealand.
b.      Bagaimana tentang gambaran perekonomian New Zealand sebelum gempa.
c.       Bagaimana perekonomian New Zealand setelah gempa.
d.      Bagaimana upaya pemerintah dalam pemulihan perekonomian New Zealand.
3.      Tujuan
a.       Mengetahui tentang profil New Zealand.
b.      Mengetahui perkonomian New Zealand sebelum gempa.
c.       Mengetahui perekonomiam New Zealand sesudah gempa.
d.      Mengetahui langkah apa yang diambil oleh pemerintah dalam mengatasi permasalahan perekonomian New Zealand.


BAB II
PEMBAHASAN
1)      Gambaran umum New Zealand.
a.       Keadaan geografis New Zealand.
                   Secara umum New Zealand terletak sekitar 2.012 km seblah tenggara Australia. Terdiri dari dua pulau utama dan beberrapa pulau kecil mulai dari wilayah tropis sampai wilayah antaratika. Luas negeri ini sebesar Corolado. Dua pulau utama New Zealand adalah North Island dan South Island yang dipisahkan oleh selat Cook. North Islan berukuran 115.777 km2 dan panjang 828 km, adalah pulau vulkanik yang terlteka dibagian selatan.
Christchurch adalah sebuah kota di pesisir timur pulau selatan (south island) di selandia baru. Chrischrush terletak pada 43°32’LS, 172°40’BT. Pada tahun 2004, penduduknya diperkirakan berjumlah 363.700 jiwa
b.      Keadan penduduk New Zaland.
                   Penduduk asli yang pertama mendiami New Zealand adalah orang-orang Moari. Yang tiba dipulau ini berjumlah 1000 orang. Berdasarkan sejarah dari mulut kemulut, diceritakan bahwa mereka tiba dengan menggunkan tujuh kano dari wilayah Polinesia. Pada tahun 1642, New Zealan dijelajahi oleh Abel Tasman, seorang navigator Belanda. Sedangkan kapten James Cook dari Inggris melakukan tiga perjalanan menuju kepulauan ini, dimulai pada tahun 1769. Inggris secara resmi mengasai kepulauan ini pada tahun 1840. New Zealan bukan saja karena alamnya yang luar biasa cantik tetapi Negara ini dihiasi pegunungan bersalaju yang memukau, penuh ketenangan, dan mahal akan karya alam.
c.       Sosial poltik New Zealand.
                   Sebagai perwujudan dari komitmen da partisipasi dalam pembangunan masyarakat dunia, pemerintah Selandia Baru membentuk suati proram yang di sebut dengan New Zealand Official Development Assistance (NZODA). Tujuan utama program ini adalah ikur serta dalam usaha mengubah kondisi kehidupan manusia kerah yang lebih baik bagi masyarakat Negara-negara berkembang, terutama mereka yang tergolong miskin.
                   Program NZODA mepunyai wilayah kerja di Negara-negara Kepulauan Pasifik, Asia Timur dan asia teggara. Dasar kebijakan NZODA adalah bahwa masyrakat dan pemerintah harus bekerja sama dalam memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada, untuk meningkatkan kesejahteraan. Pembangunan harus berati proses bertambahnya pilihan-pilihan aktivitas kehidupan, dan semua orang harus ikut serta secara aktif mengambil berbagai keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka. NZODA mendukung kegiatan-kegiatan yang membawa perbaikan yang berkelanjutan dibidang ekonomi, sosial politik. NZODA berusaha memperkuat daya rekat social dengan meningkatkan kemandirian dan standar hidup kelompok masyarakat yang kurang beruntung.
2)      Sejarah perekonomian New Zealand
                   Perkonomian selandia baru bertumpu pada hasil laut sejak abad ke-19, ketika bangsa eropa membuat koloni di pulau itu. Kebanyakan dari infrastruktur Negara dikembangkan dengan menggunakan modal luar negeri. Barang-barang impor dan pinjaman luar negeri dibayar dari hasil hasil ekspor daging dan mentega beku. Pada awal tahun 1970-an selandia baru mengalami kemerosotan perekonomian yang sangat drastis.
                   Keadaan ini disebabkan oleh kenaikan harga minyak yang berakibat pada berkurangnya permintaan dunia terhadap barang-barang primer selandia baru dan tersendatnya akses New Zealand kedalam pasar inggris setelah terbentuknya uni eropa. Beberapa faktor lain seperti krisis minyak juga turut mempengaruhi kelansungan perekonomian selandia baru yasng selama beberapa periode sebelum tahun 1973 sempat mencapai tingkat kehidupan standar seperti Australia dan Eropa barat. Akan tetapi semua pencapaian tersebut tersendat berlarut-larut dalam krisis ekonomi. Disaat standar hidup selandia baru tertinggal dibelakang Australia dan Eropa barat, Negara ini kemudian pada tahun 1982 dalam survey yang dilakukan oleh Bank Dunia, berada pada tingkat pendapatan per kapita terendah di seluruh Negara berkembang.
                   Pada tahun 1980-an pemerintah berinisiatif membuat program untuk melakukan perubahan struktur ekonomi untuk dapat bersaing dalam pasar bebas, akan tetapi perubahan ini tidak seluruhnya berhasil dalam upaya pemerintah slandia baru untuk mengubah perekonomian menjadi lebih baik. Beberapa sektor ekonomi tidak dapat bersaing dengan Negara lain yang tenaga kerjanya memiliki tingkat pendapatan yang lebih rendah.
                   Industri kendaraan bermotor dihapuskan, sementara itu banyak industri pakaian dann sepatu yang memindahkan daerah  operasonal mereka kenegara yang tenaga kerjanya lebih murah. Perubahan ini juga berakibat pada kehidupan sosial yang juga memicu meningkatnya tingkat pengguran di Negara ini. Sejak tahun 1984, pemerintah selandia baru berhasil melakukan restrukturasi makro ekonomi utama, yang kemudian mengubah Negara ini dari Negara yang proteksionis menjadi Negara yng lebih liberalis. Perubahan-perubahan ini dikenal sebagai rogernomics dan ruthanasia, yang berasal dari nama dua menteri keuangan Roger Douglas dan Ruth Richardson.
a)      Bidang pertanian
                   Pertanian dan perkebunan sangat penting dalam kegiatan perekonomian selandia baru, akan tetapi kegiatan agrikultural ini tidak mendapat subsidi dari pemerintah karena perubahan system dan peraturan perekonomian pada tahun 1980-an. Selain itu. Ikan dan hasil laut lainnya merupkan salah sastu hasil ekspor selandia baru meskipu dari sektor ini tidak terlalu mempengaruhi perkembngan perekonomian Negara.
b)      Layanan jasa dan pariwisata
                   Hal yang paling penting dalam kegiatan perekonomian dan merupakan pemberi konstribusi paling besar bagi berkembangnya perekonomian selandia baru adalah bidang layanan jasa, layanan jasa ini sangat berperan dalam peningkatan GRP da pengurangan tingkat penggangguran di Negara ini. Layanan jasa ii mencakup bidang pariwisata, trasportasi, pendidikan, kesehatan, konsultan bisnis, dan dalam bidang perbangkan. Pariwisata merupakan salah satu komponen penting dalam bidang pelayanan jasa ini, 10% dari pekerjaan yang  ada di selandia baru ialah dibidang industry pariwisatas
c)      Hasil tambang
                   Hasil tambang tidak besar, namun kaya dengan sumber daya hutan. Industrinya terutama terdiri dari pengolahan produk pertanian, hutan dan peternakan. Hasil-hasil ini kemudian diekspor. Industrialisasi pertanian New Zealand sudah terealisasi. Komoditi pertanian terutanma adalah gandum dan buah-buahan. Banyak bapangan tak swasembada, diperlukan impor dari Australia.
d)     Peternakan
                   Dalam upaya peternakan yang sangat maju merupakan dasar perekonomian. Produk susu dan daging adalah produk ekspor yang paling utama. Volume ekspor bulu domba selandia baru menenpati urutan pertama di dunia, dengan mencapai 25%. Selandia baru juga kaya akan hasil perikanan, dan merupakan zona ekonomi khusus nomor empat di dunia. Lingkungannya segar, iklimnya nyaman, pemandangnya indah, dan objek wisatanya tersebar di seluruh negeri.
3)      Ekonomi New Zealand sebelum gempa
                   Ekonomi selandia baru melemah sebelum gempa Februari dan sejak itu kepercayaan bisnis dan konsumen telah terluka. Pemotongan suku bunga, menurut gubernur RBNZ Bollard akan bertindak sebagai “pelajaran dampak dari gempa” tetapi pertumbuhan masih tetap lemah untuk paruh pertama tahun ini. Ekonomi selandia baru kontraksi di kuartal ketiga da berdasarkan komentar sebelumnya dari menteri keuangan, ada kemungkinan baik bahwa kan kontraksi di kuartal keempat.
                   Pertumbuhan perekonomian selandia bari secara tidak terduga melemah bahkan sebelun terjadi gempa bumi yang melanda New Zealand, merupakan bencana alam terburuk dalm delapan dekade.
a)      Ekonomi New Zealand pasca gempa
                   Gempa dahsyat berkekuatan 6,3 SR mengguncang kota Chrischruch di selandia baru. Gempa  dengan titik di dara ini menimbulkan kerusakan parah di seluruh kota Chrischruch. Dampak gempa kali ini jauh lebih parah dari goyangan lempeng serupa berkekuatan 7,1 SRyag menghantam kawasan tersebut pada September 2010 lalu.
                   Perdana mentri selandia baru Jhon Key mengatakan, status darurat ditetapkan pada daerah yang terkena gempa. Estimasi kerugian sementara akibat gempa diperkirakan lebih dari USD 3 milyar. Radio New Zealand melaporkan, bahwa kawasan disekitar sungai Avon juga mengalami kerusakan. Pasokan dan jaringan listrik lansung mati setelah gempa dating. Jaringan pipa air yang berada dibawah tanah mengalami kerusakan yang sangat parah dan menyebabkan jalan basah oleh air bersih.
                   Pihak berwenang selandia baru mengatakan sepertiga dari pusat kota chrischruch kemungkinan harus dibangun kembali. Banyak bangunan rumah yang ambruk selama gempa berkekuatan 6,3 SR. para insinyur mengatakan listrik pusat bisnis tidak dapat digunkan kembali selama berbulan-bulan selagi runtuhan dibersihkan dan struktur yang rapuh harus dirobohkan.
                   Produksi pertanian turun sekitar 2,1% pada kuartal kedua. Manufaktur merosot 4%. Dipimpin oleh penurunan output dari tanaman susu. Ekonomi tumbuh 1,9% pada kuartal kedua dari tahun sebelumnya, kurang dari 2,5% perkiraan mediandalam survey Bloomberg. Pertumbuhan rata-rata tahunan, diperkirakan oleh bank Sentral adalah 0,7% pada setiap kuartal, GDP meningkat 0,5%direvisi pada kuartal pertama tahun ini.
b)      Upaya pemulihan perekonomian New Zealand
                   Selandia Baru menurunkan tingkat suku bunga sebanyak basis 50 poin menjadi 2,5% dan berjanji untuk tidak menahan tingkat suku bunga di level rendah hingga pembangunan kembali pasca gempa Chrischrus menghidupkan kembali perekonomian yang sudah mendekat resesi.
                   Kebijakan moneter saat ini harus segara dicabut setelah fase pembangunan kembali setelah selesai. Proses yang akan memakan waktu,  pernyataan dari Alan Bollard. Ia menekankan bahwa langkah yang diambil bukan merupakan tekanan dari perdana menteri Johan Key yang pada pekan lalu memperkirakan dan menyambut baik adanya pemangkasan.
                   Dollar Selandia Baru yang anjlok setelah komentar dari Key, kembali turun setelah keputusan suku bunga hari ini, menyentuh level terendah dalam lima 5 bulan terakhir
 
BAB III
PENUTUP

1.                  KESIMPULAN
a)        Secara geografis New Zealand terletak sekitar 2.012 km setelah tenggara Australia, terdiri dari dua pulau utama dan beberapa pulau kecil lainnya.
b)        Penduduk asli yang mendiami kepulauan di New Zealand adalah orang-orang Maori.
c)        Sebagai wujud dan partisipasi dalam pembangua masyarakat dunia, pemerintah Selandia Baru membentuk program yang di kenal dengan NZODA (New Zealand Official Development Assistance)
d)       Sebelum abad ke 19 New Zealand bertumpu pada hasil laut, dan setelah abad ke 19 New Zealand mulai bergerak dalam bidang pertanian dan peternakan.
e)        Gempa yang mengguncang kota Crhischrus dengan kekuatan 6,3 SR, memkan setidaknya 65 orang yang kemungkinannya akan terus bertambah.
f)         Pihak yang berwenang mengatakan sepertiga dari kota Chrischrus kemungkina harus dibangun kembali.
g)        Selandia Baru menurunkan tingkat suku bunga sebanyak 50 basis atau sekitar 2,5% dan berjanji untuk menahan tingkat suku banga di level rendah.

2.                  SARAN
            Diharapkan bagi Negara lain agar ikut berpartisipasi dalam memberikan batuan untuk membagun kembali perekonomian New Zealand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar